Sigi – Tim kerja Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Sosial bersama dengan unit kerja Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Tim Perizinan Ormas Asing (TPOA) melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) untuk Tearfund UK (Tearfund United Kingdom) di Kabupaten Sigi.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Tim Monev TPOA Mengunjungi Kabupaten Sigi

Kegiatan Monev TPOA selama 4 hari diawali dengan mengunjungi kantor Bupati Sigi. Kunjungan ke kantor Bupati Sigi dimaksudkan untuk berdiskusi dengan Pemerintah Daerah beserta perangkat di Kabupaten Sigi.

Mengunjungi Kantor Bupati Sigi

Dalam kunjungan ke Kantor Bupati Sigi, Tim Monev yang terdiri dari unsur Kementerian Luar Negeri; Kementerian Dalam Negeri; Kementerian Sekretariat Negara; Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, dan Tim Keamanan beserta Kementerian Sosial. Tim Monev TPOA disambut oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kesejahteraan Rakyat dan SDM Kabupaten Sigi beserta perangkat daerah terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan, Badan Kesbangpol, BPBD dan Tearfund beserta mitra kerja lokal.

Maksud kedatangan Tim Monev TPOA

Tim Monev TPOA untuk Tearfund UK di Kabupaten Sigi menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan dan urgensitas kegiatan. Ahmad Fachruddin selaku perwakilan Kementerian Luar Negeri sekaligus Koordinator Tim Monev TPOA untuk Tearfund UK di Kabupaten Sigi menyampaikan bahwa kegiatan monev ini pada intinya merupakan suatu kegiatan diakhir masa kerja Memorandum Saling Pengertian (MSP) antara ormas asing Tearfund UK dengan Kementerian Sosial sebagai mitra kementerian di pusat.

Tim Monev TPOA
Monev TPOA di Kab. Sigi, Sulkawesi Tengah

“Empat hari kedepan sangat krusial, karena Tim Monev TPOA akan menilai pelaksanaan kegiatan Tearfund, apakah telah sesuai dengan MSP yang telah ditandatangani dengan Kemensos dan juga apakah telah sesuai dengan perundang-undangan atau regulasi yang menaungi kerja sama ormas asing dengan Kementerian/Lembaga terkait lainnya” terangnya.

Sambutan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi

Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi menyambut hangat kunjungan tim Monev TPOA untuk Tearfund UK di Kabupaten Sigi. Pemerintah Kabupaten Sigi juga mengapresiasi kinerja baik Tearfund selama melaksanakan kegiatan di Kabupaten Sigi.

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada keluarga besar Tearfund yang telah membantu dan memberikan bantuan kepada masyarakat Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Sigi yang tetap berpencar pada tahun 2018 silam.” Staf Ahli  Bidang Pemerintahan, Kesra dan SDM saat membacakan sambutan Bupati Sigi yang berhalangan hadir karena ada agenda lainnya.

Baca juga :

Dalam sambutan juga disampaikan, kegiatan kemanusiaan yang telah dilakukan Tearfund bersama mitra lokal di kabupaten Sigi merupakan bukti bahwa Pemerintah tidak membiarkan masyarakat sendirian dalam menghadapi bencana. Oleh karenanya perlu juga dukungan dari berbagai mitra kerja.

“Bantuan yang selama ini diberikan kepada masyarakat merupakan bukti nyata bahwa pemerintah tidak membiarkan masyarakat sendirian dalam menghadapi musibah ini. Hal ini merupakan upaya Pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat yang terdampak bencana, Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, tetapi harus didukung oleh seluruh komponen bangsa serta seluruh masyarakat agar penanganan bencana dapat diselesaikan dengan baik.” lanjut dalam sambutan.

Sekilas Kerja sama Tearfund UK dengan Kemensos

Tearfund UK telah bekerja di Indonesia sejak tahun 2017 untuk memberikan bantuan dan respon terhadap bencana alam gempa bumi dan tsunami. Pada tahun 2020, Tearfund UK menjalin Memorandum Saling Pengertian (MSP) dengan Kementerian Sosial.

Agenda Kerja sama Tearfund UK dengan Kemensos

Adapun yang menjadi lokusnya yaitu Sulawesi Tengah, Jakarta dan wilayah terdampak bencana lainnya (selama periode perjanjian dan disetujui). Dengan beberapa agenda kerja sama dalam hal seperti dukungan mata pencaharian berkelanjutan, pembangunan hunian tetap dan pengurangan dampak risiko bencana.

Apa itu Tearfund UK ?

Tearfund UK sendiri merupakan lembaga nirlaba internasional Kristen (NGO asing) yang berbasis di Teddington, Inggris Raya. Saat ini Tearfund UK bekerja di sekitar 50 negara, dengan fokus utamanya untuk mendukung mereka yang miskin dan memberikan bantuan bencana bagi masyarakat yang kurang beruntung.

Tim Monev TPOA Kunjungi 2 Lokasi Penerima Bantuan

Selanjutnya tim Monev TPOA untuk Tearfund UK mengunjungi dua lokasi kegiatan utama Tearfund UK di Kabupaten Sigi. Lokasi pertama yang dikunjungi berada di Kecamatan Dolo Selatan dan selanjutnya di Kecamatan Kulawi.

Monev di Kecamatan Dolo Selatan

Salah satu lokus kegiatan Tearfund UK di Kecamatan Dolo Selatan berada di desa Ramba dan desa Bolapapu. Kegiatan yang dilakukan antara lain pelatihan pertukangan dalam membangun rumah tahan gempa, pembangunan hunian tetap dengan teknik tahan gempa, serta dukungan terhadap masyarakat untuk memulai mata pencaharian berkelanjutan. Sebagai mitra lokal dari Tearfund UK dalam project disini adalah Yayasan Bumi Tangguh (YBT).

Testimoni Penerima Manfaat di Desa Ramba

Pada kunjungan di desa Ramba, tim Monev melakukan FGD dengan para penerima manfaat. Masyarakat menyambut positif kegiatan yang telah dilaksanakan Tearfund di wilayah mereka.

Beberapa penerima manfaat pelatihan pertukangan ada yang mendapatkan sertifikat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sigi atas prestasinya selama mengikuti pelatihan. Untuk Pembangunan hunian tetap sendiri, rumah yang dibangun memanfaatkan sumber daya lokal semisal batang kelapa sebagai tiang atap rumah dan tenaga lokal yang yang sudah dilatih pertukangan sebelumnya. Sedangkan untuk penanaman bibit cokelat, saat ini baru berbunga.

Monev di Kecamatan Kulawi

Untuk sampai di kecamatan Kulawi, tim monev harus menghindari buka tutup jalan yang sedang dalam proses perbaikan dan pembangunan. Jalur yang dilalui untuk sampai ke lokasi sangat rawan terjadi longsong, terutama saat terjadi hujan.

Di Kecamatan Kulawi, kegiatan dipusatkan di desa Lonca. Hadir dalam pertemuan FGD antara lain dari para penerima manfaat pelatihan kitchen gardening dan dukungan untuk kelompok tani, serta perangkat dan relawan penanggulangan Covid-19.

Testimoni Penerima manfaat di Desa Lonca

Untuk kegiatan dukungan kelompok tani oleh Tearfund melalui Yayasan Rebana, Yarni salah seorang penerima manfaat dukungan untuk kelompok tani menjelaskan jika kelompok-kelompok tani sudah berjalan. Dalam kelompok tani juga dilakukan semacam pengelolaan anggaran hasil kelompok oleh bendahara masing-masing kelompok tani.

Lebih lanjut, perempuan yang kini menjadi Kepala Desa Lonca terpilih menambahkan bahwa dana yang terkumpul di kelompok tani berkisar antara 35 hingga 80 juta. Dana yang terkumpul tersebut dibagikan ke anggota pada akhir tahun menjelang natal. Selain itu dana yang terkumpul juga digunakan untuk modal bibit dan operasional kelompok tani masing-masing. Namun sayangnya pengelolaan dana masih dilakukan secara manual atau tidak melalui mekanisme perbankan.

Sedangkan untuk penggulangan Covid-19, Tearfund melalui Yayasan Rebana telah melibatkan perangkat desa dan relawan Covid-19. Salah seorang relawan Covid-19 (Marlin) menyampaikan meskipun ia telah dibekali pelatihan sebagai relawan Covid-19 oleh Dinas Kesehatan, namun untuk pelaksanaan di lapangan ia masih merasa kebingungan.

Hal senada juga disampaikan aparat Desa Lonca. Awalnya Desa Lonca belum memiliki data persebaran masyarakat terdampak Covid-19 serta warga yang telah menerima vaksin. Dengan adanya dukungan Yayasan Rebana, membantu dan mempermudah relawan Covid- dan juga aparat desa dalam melaksanakan tugas penjangkauan, sosialisasi dan pendataan ke masyarakat yang ada diwilayahnya.

Selain dukungan terhadap relawan Covid-19 dan aparat desa, Tearfund UK juga memberikan bantuan senilai 600 ribu bagi masyarakat terdampak. Proses asesmen dilakukan oleh relawan covid-19 dan aparat desa dengan syarat yang telah ditentukan.

Nama-nama yang berhak sebagai penerima bantuan uang tunai juga dipublikasikan di papan pengumuman desa dan pusat layanan publik lainnya. Hal tersebut dimaksudkan sebagai bentuk transparansi atas hasil asesmen untuk diketahui bersama oleh masyarakat.

Tanggapan Tim Monev TPOA Terhadap Pelaksanaan di Lapangan

Tim monev TPOA untuk Tearfund UK di Kabupaten Sigi, khususnya di Kecamatan Dolo Selatan dan Kulawi mengapresiasi hasil kerja Tearfund bersama mitra lokal. Tim monev juga berharap agar hal-hal positif yang telah dilakukan selama 3 tahun dapat dipertahankan oleh masyarakat dan perangkat desa dan kecamatan.

Baca Juga : Membangun Kerja Citra Dalam Era Keterbukaan

Selanjutnya, tim juga berharap Tearfund dapat membuat tulisan dari evidance based practice yang telah dilakukan. Selain itu juga tim Monev TPOA juga memberikan beberapa catatan diantaranya untuk lebih meningkatkan peran serta instansi-instansi terkait yang sudah terjalin, serta melibatkan unsur lainnya yang belum terlibat jika kerja sama kedepannya dilanjutkan.

Eksplorasi konten lain dari Ariefrd.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca