Buat Konten Sesuai Keahlian dan Minat

ariefrd.id

Pergunakan kata kunci yang bijak! Google melalui John Mueller kira-kira berpesan, buatlah tulisan anda sendiri dengan baik. Jangan terpaku dengan kata kunci umum karena banyak yang mencarinya. Karena itu hanya akan menjadikan tulisanmu biasa saja (dimesin pencarian google).

Dalam sebuah twit-nya, John menuliskan, “jangan fokus pada kata kunci dan daftar “volume pencarian” seperti ini, mereka akan membawa anda ke dalam keadaan biasa-biasa saja.”

Apa yang disampaikan John adalah jika mengikuti volume kata kunci yang banyak digunakan. Biasanya konten tulisan akan sulit bersaing dalam pemeringkatan mesin penelusuran Google. Apalagi dibuat dengan terpaksa. Akibatnya juga tidak memiliki kualitas, hanya terfokus dalam mengejar kesesuaian dengan kata kunci itu.

Saran Dalam Menulis

Maka tulislah konten yang memang menurut anda luar biasa. Jangan habiskan waktu dengan memaksakan tulisan yang anda buat agar sesuai dengan kata kunci yang banyak digunakan atau dicari orang. Terlebih jika memang  tidak tahu topik yang akan dibuat.

 Saran John adalah cari topik yang memang menjadi keahlian atau dikuasai dan sesuai dengan minat. Karena itulah yang akan membuat konten tulisan menjadi lebih berisi. Dibuat dengan pemahaman yang dimiliki, bukan keterpaksaan mengikuti kata kunci.

Sebaliknya, kata kunci dipilih berdasarkan konten yang telah dibuat dengan kesungguhan. Selain itu, konten yang anda buat akan berguna dan memberikan kontribusi baru. Tidak biasa-biasa saja!

Ragam Tanggapan

Atas pernyataan John terkait kata kunci dan konten tulisan, banyak SEO yang menanggapinya.

Baca Juga: Google Search Console Dalam Melakukan Pratinjau Gambar

Ambil kesempatan terbaik

Jika anda adalah seorang yang sudah ahli dan dapat membuat konten tulisan yang hebat, serta didukung dengan situs yang powerfull untuk memposting tulisan, maka kalian tidak perlu khawatir untuk mengambil kata kunci teratas.

Karena saat itu, kata kunci teratas atau yang paling banyak dicari adalah peluang. Dengan mengambil kata kunci tersebut, maka anda akan jadi pemenangnya dalam lalu lintas pencarian. Jangan biarkan rasa takut terus menghantui.

Sesuaikan Kemampuan

Menggunakan kata kunci yang banyak dicari orang sebagai pokok tulisan dalam membuat  konten tidak salah. Anda hanya perlu menggunakannya dengan benar dan menempatkannya di lokasi yang tepat dan paling menonjol. Misalnya di judul, deskripsi, tautan atau lainnya. Harusnya kamu yang lebih memahaminya.

Begitulah cara kerja penggunaan kata kunci.  Tapi tanggapan itu tidak bertentangan dengan apa yang dikatakan John.  John mengatakan jangan memilih kata kunci / topik yang paling banyak dicari dan terpaksa membuat konten tentangnya. Dan lebih mengarahkan pada membuat konten tentang topik yang memang anda kuasai.

Kombinasikan

Ada juga yang menanggapi dengan memainkan sinonim kata. Permainan sinonim kata akan menjadi sedikit lebih relevan. Cukup tambahkan beberapa sinonim yang jarang digunakan ke konten tulisan, dan gabungkan dengan kata kunci yang banyak dicari.

Misalnya, jika sebuah dalam konten tulisan mengenai sebuah toko peralatan bahwa kata kunci yang banyak dicari adalah “Toko Furnitur”, dan kamu ingin bersaing dengannya karena memiliki muatan konten yang semisal dengan ‘toko furnitur’. Lalu apa yang akan Anda lakukan?  Apakah akan menutup bisnis?  Tentu tidak bukan?

Maka konten yang sudah dibuat tadi, dicarikan kata kunci yang lebih mudah dimenangkan dengan tidak menghilangkan maksud yang ingin disampaiakan. Misalnya menjadikan kata kuncinya “toko sofa, kursi, dan meja”? karena jarang yang langsung mencari itu.  Atau jika itu terkait dengan berita tentang “Joe Biden” (misalnya), alih-alih menyebutkannya sebagai kata kunci dan akan kurang kompetitif. Sebaiknya dibuatkan kata kunci baru seperti “suami Jill Biden” atau “penerus Donald Trump”

Intinya adalah menjadikan konten yang dibuat menjadi padat – bukan terpaku dengan kata kunci – agar bisa selalu menang.

Lihat Juga: Teknik Observasi: Teknik Dalam Pengumpulan Data

Kata Kunci yang Utama, Anggapan Konyol

Mendasarkan konten pada kata kunci seringkali dianggap konyol.  Landasi konten yang dibuat sesuai dengan produk, subjek, atau kebutuhan Anda.  Kemudian buatlah itu menjadi lebih unggul dari pesaing Anda.

Eksplorasi konten lain dari Ariefrd.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca