(17/11, Belu) – Disela melaksanakan tugas di kabupaten Belu, kami menyempatkan berkunjung ke Pos atau Terminal perbatasan Motaain. Kata orang sana, belum ‘sah’ datang ke Belu kalau tidak mampir di (Terminal perbatasan) Motaain. Akhirnya kami pun menyempatkan diri ke perbatasan Motaain dengan menyusuri jalur sabuk merah, setelah berkunjung dari Dafala di Tasifeto Timur hingga ke Haliwen dan kemudian tiba di Motaain.

Jalur Sabuk Merah
Jalur Sabuk Merah, nampak Bukit di Wilayah Timor Leste (dok. pri)

Peran Penting Jalur Sabuk Merah

Jalur Sabuk Merah adalah jalan sepanjang 179 kilometer yang menghubungkan dua pos lintas batas negara (PLBN) di Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu PLBN Motaain di Kabupaten Belu dan PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka. Jalan ini dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2015 dan selesai pada tahun 2021.

Jalur Sabuk Merah memiliki peran penting dalam meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Timor Leste. Jalan ini memudahkan pergerakan orang dan barang antara kedua negara, sehingga dapat meningkatkan perdagangan dan pariwisata.

Jalur Sabuk Merah juga memiliki dampak positif bagi masyarakat di Kabupaten Belu. Jalan ini membuka akses ke wilayah terpencil di Kabupaten Belu, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Monitoring di Kabupaten Belu, Lihat capaian kegiatan CRS di 2 Lokasi

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah Proyek Jalur Sabuk Merah juga merupakan bentuk simbol persahabatan dari Indonesia kepada Timor Leste, disamping 5 PLBN lainnya di NTT, termasuk PLBN Motaain.

PLBN Motaain

PLBN Motaain merupakan salah satu pintu gerbang tempat orang-orang dari Indonesia dan Timor Leste bisa bertemu dan bertukar barang. PLBN ini baru direnovasi pada tahun 2015 dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016. PLBN Motaain ini memiliki luas sekitar 10 hektar dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk Gedung terminal penumpang yang nyaman; Kantor imigrasi dan bea cukai yang ramah; Tempat parkir yang luas; Tempat ibadah yang bersih; serta Tempat perdagangan yang lengkap.

  • Kerja Sama Luar Negeri
  • Kerja sama luar negeri

PLBN Motaain merupakan salah satu gerbang perbatasan tersibuk di Indonesia. PLBN Motaain memiliki peran penting dalam meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste. PLBN Motaain mempermudah pergerakan orang dan barang antara kedua negara, sehingga dapat meningkatkan perdagangan dan pariwisata.

Plbn motaain

Sabuk merah

Loading