STBA JIA : WISUDA TAHUN 2020 DAN PELAKSANAANNYA

STBA JIA Sidang Wisuda Tahun 2020
Kartika Nur Oktaviani saat Wisuda STBA JIA Tahun 2020
Adik Saat Wisuda Tahun 2020

Bekasi (28/11/2020) – Hari ini adik saya mengikuti wisuda di Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA (STBA JIA). Wisuda merupakan prosesi yang ditunggu – tunggu oleh setiap mahasiswa. Pada tahap ini, mahasiswa dinyatakan lulus secara resmi oleh pimpinan perguruan tinggi atau yang mewakili secara terbuka dan dapat disaksikan secara langsung oleh keluarga atau kerabatnya.

Namun ditengah pandemi covid-19 yang masih melanda, prosesi wisuda pun dituntut mengikuti protokol kesehatan atau menyesuaikan. Termasuk Sidang Senat Terbuka dalam rangka wisuda di STBA JIA.

Sehingga pada kesempatan ini orang tua, saya dan keluarga hanya dapat menyaksikan prosesi wisuda adik yang telah lulus pada Program Studi Sastra Jepang  melalui siaran youtube streaming. Demikian pula dengan kerabat dari para wisudawan STBA JIA, dan mungkin juga pada kampus–kampus lainnya.

WISUDA TAHUN 2020 di STBA JIA

Pelaksanaan Wisuda

Pada tanggal 28 november 2020, STBA JIA melaksanakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Program S1 dan D3 Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA Tahun 2020. Ketua Senat Yusnida Eka Putri, SS., M.Si. membuka sidang. Kegiatan ini menghadirkan para pengurus yayasan, para senat, para dosen dan segenap civitas akademika, para wisudawan, serta beberapa tamu undangan termasuk dari perusahaan dan industri.

Baca Juga : Kerja Citra : Tuntutan Di Era Keterbukaan Informasi

Laporan Kegiatan

Selanjutnya Wakil Ketua III, DR. Rainhard Oliver Hoftman Wungkana, SS., M.Pd. menyampaikan laporan kegiatan. Wakil Ketua III dalam laporannya menyampaikan bahwa sidang ini merupakan sidang wisuda ke-20 yang dilakukan oleh STBA JIA. Pada sidang kali ini, STBA JIA mewisudakan sebanyak 168 wisudawan. Rinciannya dari Program S1 Sastra Inggris sebanyak 72 orang dan dari Program S1 Sastra Jepang sebanyak 82 orang. Sedangkan dari Program D3 Bahasa Inggris sebanyak 5 orang dan Program D3 Bahasa Jepang sebanyak 9 orang.

Masing – masing wisudawan telah menempuh 150 SKS untuk Program Studi strata satu dan 118 SKS untuk Program Studi diploma tiga. Para wisudawan juga telah dibekali dengan Toefl dan Nouryokushiken, serta berhak menyandang gelar Sarjana Sastra (SS) untuk lulusan S1 dan ahli madya (A.Md) untuk lulusan D3.

Wisudawan termuda adalah Haidar Jaganegara (20 th) yang lahir di Bekasi pada tanggal 17 Desember  1999 yang menempuh Program Studi S1 Sastra Inggris. Dan Wisudawan tertua adalah Jumadi (45 th) yang lahir di Karang Anyar, pada tanggal  5 November 1975 yang menempuh Program Studi S1 Sastra Jepang.

Wisuda STBA JIA Tahun 2020
Foto Bersama Wisudawan dengan Senat

Pesan Ketua

Dalam acara tersebut hadir memberikan sambutan H. Ali Khamainy, ST., MM. selaku Ketua STBA JIA. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada seluruh wisudawan untuk selalu siap dan mampu beradaptasi dengan setiap perubahan, seperti saat ini. “Kita harus siap dengan semua kondisi untuk dapat beradaptasi dengan semua perubahan-perubahan yang terjadi”. paparnya.

Para lulusan juga dituntut untuk mampu berpikir lebih kreatif lagi. Sehingga dapat menciptakan hal hal yang inovatif, dan memiliki karakter sesuai kepribadian bangsa. Mereka juga harus mampu beradaptasi dengan era revolusi 4.0. Termasuk dalam hal literasi digital dan menumbuhkan semangat menjadi wirausahawan muda yang kreatif dan inovatif. Terakhir, ketua STBA JIA mengajak kepada seluruh hadirin yang hadir agar terus berkomitmen untuk mengembangkan ilmu pengetahuan sebagai bekal bagi bangsa agar memiliki daya saing di era revolusi industri 4.0 ini.

Baca Juga : Kopi Racikan, Pelatihan Meracik Menuju Kemandirian

Nama – nama Wisudawan tercantum dalam Surat Keputusan Ketua STBA JIA Nomor 384.B/STBAJIA/SK/9/2020 tentang Nama-Nama Mahasiswa Lulusan Tahun 2019 – 2020 Program Sarjana Strata Satu dan Diploma Tiga Program Studi Sastra Inggris dan Sastra Jepang Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA.

STBA JIA

Sekedar informasi, kampus Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA berlokasi di Jl. Cut Mutia No.16A Bekasi. Kampus ini telah berdiri sejak tahun 2020. STBA JIA memiliki status ijin pendirian dari Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan nomor SK : 90/D/O/2000.

STBA JIA memiliki 2 (dua) Program Studi pada jenjang strata satu (S1) dan 2 (dua) Program Studi diploma tiga (D3). Program S1 terdiri atas Satra Inggris dan Sastra Jepang. Program Studi D3 terdiri dari Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Adapun surat keputusan akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) terkait Program Studi yang ada di STBA JIA sebagai berikut :

  • No. SK 2662/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/IV/2020 Program studi Strata Satu (S1) Sastra Jepang
  • No. SK 7599/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020 Program studi Strata Satu (S1) Sastra Inggris
  • No. SK 2611/SK/BAN-PT/Ak-PKP/Dipl-III/IV/2020 Program studi Diploma Tiga (D3) Bahasa Jepang
  • No. SK 6148/SK/BAN-PT/Ak-PKP/Dipl-III/X/2020 Program studi Diploma Tiga (D3) Bahasa Inggris

Demikian, Salam Sehat Selalu.

Sumber :

https://stba-jia.ac.id/

Lihat video pada chanel youtube STBA JIA

Apakah ada komentar

%d blogger menyukai ini: