Puasa Dawud, Sebaik – baik Puasa Sunnah

Puasa sunah

Puasa sunah

Sehat dengan berpuasa

Berpuasa, baik itu puasa wajib maupun puasa sunnah, merupakan salah satu aktivitas yang dapat menjadi media untuk menjaga kesehatan jasmani dan ruhani seseorang, terlebih bagi seorang muslim. Islam sangat memperhatikan kesehatan manusia. Rasulullah SAW. bersabda, “berpuasalah kalian niscaya kalian akan sehat”.

Dunia kedokteran pun mengakui bahwa terapi terbaik di dalam pencegahan dan pengobatan terhadap suatu penyakit adalah puasa. Penelitian mengenai kondisi tubuh yang sedang berada dalam kondisi lapar atau kosong (autophagi), telah menghantarkan ilmuwan asal Jepang untuk meraih Nobel di bidang fisiologis (kedokteran). Konsep ini tidak berbeda jauh dengan aktivitas berpuasa. Hanya saja berpuasa merupakan perintah dan anjuran agama, sementara autophagi lebih dominan atas kesehatan berdasarkan riset ilmiahnya.

Baca Juga : Aktivitas Autophagisom Konsep Peraih Nobel

Puasa sunnah dawud

Puasa dawud adalah salah satu bentuk puasa sunnah. Sayangnya masing jarang yang mengetahui dan mengerjakannya. Sebagaimana namanya, puasa dawud merupakan ibadah yang sebelumnya menjadi amalan ibadah nabi Daud as. Puasa dawud merupakan puasa yang paling Allah cintai. Rasulullah SAW. bersabda, “Puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa dawud. Beliau sehari puasa dan sehari tidak“. (HR. Ahmad).

Apabila melihat manfaat dan waktu pelaksanaannya, maka puasa dawud itu sangat cocok dan baik buat kehidupan seperti saat ini. Ketika, segala sesuatu mudah berubah karena situasi dan kondisi tertentu dengan cepatnya. Makanan dan minuman serba instan. Kecanggihan dan perkembangan teknologi komukasi dan informasi belakangan ini membuat segala sesuatu menjadi sangat dekat, dan dunia terasa sempit. Selain memberikan dampak positif, tentu perlu juga memperhatikan efek samping yang timbul akibatnya.

Kehidupan saat ini

Kehidupan saat ini menuntut adanya aktivitas dan rutinitas yang serba cepat, cermat, dengan tingkat konsentrasi dan akurasi yang tinggi dalam pekerjaan atas tuntutan profesional. Tidak jarang kondisi yang demikian ini melahirkan tekanan dan persaingan hidup yang tinggi dan ketat, kehidupan yang sangat rawan dengan konflik, baik konflik sosial maupun konflik personal.

Konflik sosial yang timbul dapat berupa kecemburuan sosial, rasa iri, penyebaran berita bohong atau hoax, dan sebagainya. sementara konflik personal yang menimpa diri sendiri bisa berupa stress, burn out, serta kejenuhan yang sangat. Sehingga, bagi manusia yang daya imun dan iman yang lemah, kondisi demikian ini dapat membuatnya mudah terserang penyakit fisik maupun kejiwaan. Bahkan tak jarang seseorang terjatuh pada aktivitas kemaksiatan dengan dalih melepas kepenatan atau mencari ‘angin segar’.

Manfaat puasa dawud

Namun bila seseorang telah terbiasa melaksanakan puasa, terutama puasa sunnah dawud secara istiqamah, insya Allah aktivitas tersebut dapat mencegah kebiasaan buruk yang seperti sebelum-sebelumnya, karena dengan kondisi tubuh yang lapar atau kosong akibat berpuasa dawud (sehari puasa, sehari tidak) selain energinya tersalurkan pada aktivitas yang positif, sel-sel tubuh yang mati akan hilang karena menjadi ‘makanan’ bagi sel tubuh lainnya. Sehingga hasil dari puasa dawud, dapat merealisasikan sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

“Di antara tanda bagusnya keislaman seseorang dan kesempurnaan imannya adalah jika ia telah mampu meninggalkan hal – hal yang tidak bermanfaat bagi dirinya.“ (HR. Tirmidzi).

Hikmah berpuasa sunnah

Ketika berpuasa telah menjadi rutinitas, terlebih dengan mengutamakan keridhoan Allah dan keikhlasan. Sehingga darinya terbentuk pribadi yang jauh lebih tenang dan sehat. Hal ini karena kondisi emosionalnya stabil, nafsunya terkendali, dan hatinya tercerahkan dengan kesadaran bahwa Allah selalu mengawasinya.

Untuk itu, sudah saatnya membiasakan diri untuk melakukan puasa sunnah, terlebih puasa sunnah dawud. Semoga hasilnya benar-benar optimal, yakni melahirkan manusia mulia yang unggul, tahan banting, tidak mengeluh, dan tidak putus asa untuk terus berusaha berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi umat manusia. Allahu a’lam bish-shawab.

salam sehat

Sumber : mengolah dari pesan dalam facebook

Apakah ada komentar

%d blogger menyukai ini: