Penguatan ProKUS di Bandung

Kementerian Sosial melalui Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat melakukan Penguatan Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS). Hadir untuk membuka kegiatan Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Bapak Edi Suharto.

Sebelum hadir memberikan sambutan, beliau mendampingi kunjungan kerja Menteri Sosial bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Kunjungan tersebut dengan meninjau dua lokasi penerima manfaat ProKUS di Kabupaten Bandung Barat.

Lihat juga : ProKUS dan Kunjungan 2 Menteri ke Penerima Manfaat

Kegiatan Penguatan ProKUS

Hadir sebagai peserta kegiatan Penguatan Program kewirausahaan Sosial di hotel el Royale Bandung selama 2 (dua) hari berjumlah 70 peserta. Peserta berasal dari Inkubator, mentor usaha dan TKSK, serta Dinas Sosial yang menjadi mitra Kementerian Sosial di 3 (tiga) lokasi kegiatan. Ketiga lokasi tersebut yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Majalengka.

Hadir secara terpisah melalui media daring zoom meeting, 34 Koordinator TKSK Provinsi seluruh Indonesia. Karena pada saat yang bersamaan mereka juga tengah mengikuti kegiatan Peningkatan Peran Tugas dan Fungsi Koordinator TKSK Provinsi Dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial dari hote Aryaduta Bandung.

Pada kesempatan tersebut Dirjen Pemberdayaan Sosial menyampaikan bahwa program pemberdayaan memerkukan triple power, termasuk dalam ProKUS. Triple power dalam ProKUS merupakan upaya untuk menguatkan para penerima manfaat agar mampu lebih berdaya. Pertama, penerima manfaat akan memperoleh bantuan stimulan insentif modal usaha (BSIMU). Kedua, Mentoring Bisnis dan ketiga Pendampingan Sosial.

ProKUS dan Penguatan Program di Tahun 2020
Penyampaian materi oleh Narasumber Penguatan ProKUS 2020 di Hotel el Royale Bandung

Beberapa narasumber lainnya yang hadir mengisi acara tersebut antara lain: Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kewirausahaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah; Direktur Pusat Investasi Pemerintah (PIP); Himbara dan Tenaga Teknis Menteri Sosial Bidang Pemberdayaan Sosial. Turut memandu dalam acara tersebut Joy Yakin Tampubolon Widyaiswara dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Jakarta dan Maykel Ivan dari Social Work Skecth.

Dengan adanya pelaksanaan kegiatan Penguatan Program Kewirausahaan Sosial ini diharapkan mampu memberikan kesamaan persepsi,  pemahaman, dan pengetahuan pelaksanaan program kewirausahaan sosial, serta dapat meningkatkan koordinasi diantara pihak yang terlibat pada program, sehingga tercipta jejaring kerja yang sinergis diantara pihak/stakeholder terkait. (42)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *