Praktik Pertolongan Pekerjaan Sosial, 3 Hal Sering Terlupa

 

 

Hal Penting Yang Sering Terlupa oleh Pekerja Sosial

 

pekerjaan sosial
Ilustrasi. design by Freepik

 

Ada beberapa hal yang kadang terlupakan oleh pekerja sosial dalam praktik pekerjaan sosial dilapangan.

 

Berikut beberapa hal yang kerap terlupakan oleh pekerja sosial.

 

Manajemen Kasus

Melaksanakan penanganan suatu kasus dengan pendekatan manajeman kasus. Setiap pekerja sosial harus mampu menjadi manejer kasus dalam penaganan masalah yang sedang ditanganinya, sekecil apapun itu.

 

Oleh sebab itu, analisa masalah yang tepat membuat pekerja sosial bisa mengambil keputusan yang tepat pula dalam pelaksanaan intervensi.

 

Bekerja sama atau melibatkan profesi yang lain/ lintas profesi untuk meminta pandangan atau bantuan meraka menjadi hal penting.

 

Dalam penanganan kasus tidak semua masalah dapat dipecahkan hanya oleh seorang pekerja sosial saja. Dengan kata lain pekerja sosial bisa merujuk kasus tersebut kepada profesi yang tepat dalam membantu penyelesaian masalah.

 

Dokumentasi Pekerja Sosial

Jangan melupakan sistem dokumentasi. Menyimpan dengan baik seluruh dokumen mengenai penanganan kasus sangat penting.

 

Baik arsip kelengkapan administrasi, catatan kecil pekerja sosial, laporan kasus maupun foto-foto yang berhubungan dengan penanganan masalah.

 

Inti dari praktik pekerjaan sosial terletak pada recording. Berbagai catatan dan dokumen tersebut sebagai alat bukti bagi proses penanganan masalah.

 

Lihat juga :

 

3 Hal Penting Lainnya

Jangan lupakan juga tiga hal ini, pertama empati; kedua genuine/ keaslian dalam bersikap tidak dibuat-buat, natural, dari hati, mencintai profesi, memahami kondisi, dll; serta ketiga respect dengan menunjukkan sikap dengan perilaku yang sederhana. Hal tersebut mendukung proses praktik pekerjaan sosial yang dilaksanakan.

 

 

Semoga bermanfaat

Apakah ada komentar