DUKUNG ORANG DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS DENGAN 5 PARADIGMA BARU

 

Hak-hak orang dengan kebutuhan khusus

 

Setiap orang tentu ingin dihargai, dihormati hak-haknya dan mendapat pengakuan yang layak, termasuk para orang dengan kebutuhan khusus.

 

Undang-undang nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas menyebutkan hak-hak bagi orang dengan kebutuhan khusus, antara lain : haknya untuk hidup; bebas dari stigma; keadilan dan perlindungan hukum; hak untuk memperoleh pekerjaan; Kesehatan; aktivitas olahraga; politik; keagamaan; kebudayaan; kesejahteraan social; layanan publik; habilitasi dan rehabilitasi; serta perlindungan dari bencana.

 

Baca Juga :

 

Hilangkan Stigma dan Berikan Layanan

 

Bukan kutukan

 

Kondisi yang dialami orang dengan kebutuhan khusus bukanlah karena suatu kutukan ataupun penyakit yang dapat menular ke orang-orang yang ada didekatnya.

 

Oleh karenanya penting untuk diperhatikan semua pihak, bahwa dukungan dan pendampingan yang memadai terhadap mereka sangatlah penting.

 

Berikan kesempatan

 

Pada dasarnya orang-orang dengan kebutuhan khusus berhak memperoleh kesempatan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan keadaannya.

 

Semua manusia itu unik dan memiliki kemampuan-kemampuan yang berbeda, termasuk orang-orang dengan kebutuhan khusus. Jika mereka tidak dibebaskan dirinya dari bias dan prasangka buruk, terhindar dari pemberian cap dan stereorip, serta tidak diakui keberagaman potensinya, maka kesempatannya untuk berkembang akan tertutup dan hilang.

 

Ragam Layanan 

Layanan terhadap orang dengan kebutuhan khusus saat ini lebih dominan dilakukan oleh para profesional seperti dokter, psikolog klinis, guru dan pekerja sosial. Tentu hal tersebut masih memerlukan dukungan dari para relawan dan tenaga pendamping lainnya.

 

Puskesmas

sebagai fasilitas layanan kesehatan tingkat 1 menjadi garda awal bagi deteksi dini autis.

Rumah Sakit

untuk melakukan diagnosa dan intervensi dini melalui penanganan terapi terpadu yang melibatkan berbagai disiplin ilmu kesehatan yang kometen dibidangnya.

Klinik Terapi Terpadu

dapat mengakomodasi layanan kesehatan dalam melakukan diagnosa dan terapi terpadu yang dijalankan oleh sektor swasta.

Sekolah Inklusi

layanan pendidikan secara berjenjang mulai dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA termasuk bagi orang dengan kebutuhan khusus.

 

3 Kerja dan Kerja Citra, Tuntutan Pada Era Keterbukaan Informasi !

 

Dukungan Psikososial

Sekolah Luar Biasa

akomodasi khusus bagi orang dengan kebutuhan khusus untuk layanan pendidikan yang berjenjang mulai dari tingkat, SDLB, SMPLB hingga SMALB.

Pendidikan Tinggi

lembaga yang memberikan layanan pendidikan tinggi bagi orang dengan kebutuhan khusus.

Pusat Layanan

dapat mengakomodasi layanan pendidikan dan terapi yang dikelola oleh pemerintah provinsi, terdapat 24 Pusat Layanan autisme di beberapa provinsi di Indonesia.

Program Latihan Kerja

mampu memberikan layanan persiapan dan pengembangan bakat dan minat penyandang disabilitas untuk memasuki dunia kerja atau kewirausahaan.

Parent Support Group

layanan komunitas untuk mensupport para orang tua penyandang disabilitas untuk saling berbagi cerita dan pengalaman dalam mendampingi dan mengasuh anak-anaknya.

Sibling Group

layanan komunitas untuk mensupport para saudara penyandang disabilitas untuk saling berbagi cerita dan pengalaman dalam mendampingi dan menemani adik atau kakaknya yang memiliki kebutuhan khusus.

 

 

Apakah ada komentar