4 Istilah Iklan : CTR, CPC, CPM, dan RPM*)

Beberapa istilah iklan Ads

Google Adsense dan beberapa jaringan periklanan merupakan salah satu program yang dapat menghasilkan uang bagi para Publisher berdasarkan klik dan impresi (Impressions).

Pada pembahasan kali ini, menjelaskan beberapa istilah iklan pada jaringan iklan seperti Google Adsense. Beberapa istilah iklan tersebut diantaranya adalah Clickthrough Rate (CTR) , Cost-per-Click (CPC) , Cost-per-Thousand (CPM) , dan Revenue-per-Impressions (RPM).

istilah iklan

Sebelum membahasnya, kita harus mengetahui beberapa istilah iklan tersebut :

  • Clicks : Jumlah iklan yang di klik;
  • Impression : Maksud dari Impression adalah jumlah item yang sudah dilihat oleh pengunjung. Item tersebut dapat berupa halaman yang dilihat, unit iklan yang dilihat, dan lain-lain. Maka dari itu, Impression dapat dibagi menjadi tiga tipe yaitu, Page Views, Page Impression, dan Ad Impression;
    • Page ViewPage View dilaporkan setiap kali pengunjung melihat halaman yang terdapat iklan. Hanya satu halaman yang dihitung setiap kali iklan dilihat. Contoh, jika suatu halaman terdapat 3 unit iklan dan dikunjungi sebanyak dua kali, maka Page View yang dihitung adalah sebanyak dua kali;
    • Page ImpressionPage Impression dapat dihasilkan ketika pengunjung melihat halaman yang terdapat iklan di dalamnya. Satu halaman dapat memilki lebih dari satu iklan. Ad Unit Impression dihitung dengan cara yang berbeda;
    • Ad ImpressionAd Impression dapat di hasilkan ketika salah satu iklan sudah dilihat pada suatu Website. Contoh, jika suatu halaman memiliki 3 unit iklan dan jika halaman tersebut dilihat sebanyak 5 kali, maka kalian mendapatkan 5 Page Impression dan 15 Ad Unit Impression. Penghitungan 15 Ad Unit Impression dapat dilakukan dengan mengkalikan jumlah Page Impression dengan jumlah unit iklan, (5 x 3 = 15).
  • QueryQuery adalah permintaan yang dibuat untuk menampilkan unit iklan.

Baca Juga : 4 LANGKAH MUDAH MENJADI PUBLISHER ACCESSTRADE, AFFILIASI REFERRAL

Istilah Iklan CTR, CPC, CPM dan RPM

Sekarang, mari kita bahas mengenai CTRCPCCPM, dan RPM.

CTR

Clickthrough Rate (CTR) adalah istilah iklan untuk jumlah iklan yang di klik dibagi dengan jumlah ImpressionsPage View, atau Query yang diterima. CTR menentukan seberapa sering pengunjung mengeklik iklan.

Contoh: CTR = (Klik dibagi “/” Jumlah ImpressionsView, atau Query) di kali “x” 100%.

Anggap saja terdapat 5 iklan yang di klik dan halaman tersebut dilihat sebanyak 500 kali.

Berikut adalah cara menghitungnya:

  • CTR = (Jumlah klik dibagi “/” Jumlah halaman yang dilihat) dikalikan “x” 100%;
  • CTR = (5 / 500) x 100%;
  • CTR = 1%.

Perlu diingat bahwa klik dibagi “/” Page Impression, Page View, atau Query.

Maka dari itu, CTR dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe yaitu: Ad CTRPage CTR, dan Query CTR.

  • Ad CTR = (Jumlah klik dibagi “/” jumlah Impressions) dikalikan “x” 100%;
  • Page CTR = (Jumlah klik dibagi “/” jumlah Page View) dikalikan “x” 100%;
  • Query CTR – (Jumlah klik dibagi “/” jumlah Query) dikalikan “x” 100%.

CPC

Cost-per-Click (CPC) merupakan istilah iklan untuk jumlah penghasilan yang kalian dapatkan setiap kali pengunjung mengeklik iklan. Dengan kata lain, CPC merupakan biaya yang di bayarkan oleh penyedia layanan iklan kepada Publishernya setiap kali iklan yang diletakkan di dalam Websitenya telah di klik oleh pengunjung.

Biaya CPC pada iklan ditentukkan oleh pemilik iklan. CPC merupakan Keyword atau kata kunci yang spesifik. Berbeda Keyword maka berbeda pula nilai CPC nya.

CPM

CPM merupakan singkatan dari Cost-per-Thousand Impressions (M = Angka romawi 1000). Pengiklan menjalankan iklan CPM dan mengatur biaya iklan yang ditampilkan per 1000 kali klik dan dapat membayar setiap kali iklannya ditampilkan.

Para Publisher bisa mendapatkan penghasilan ketika CPM ditampilkan pada halaman dan dilihat oleh pengunjung.

RPM

Revenue-per-Thousand Impressions (RPM) / Effective CPM (eCPM) adalah fitur laporan dan tidak menampilkan jumlah penghasilkan yang di bayarkan ke Publisher secara aktual.

RPM pada suatu halaman (atau sebuah unit iklan) merupakan pendapatan estimasi setiap menerima 1000 Impressions.

Contoh, Jika seorang Publisher mendapatkan penghasilan 50 dolar dari 2500 Page Impression, maka:

  • RPM = (Estimasi pendapatan dibagi “/” dengan Page Impressions) dikalikan “x” 1000;
  • RPM = (50 : 2500) x 1000;
  • RPM = $20.

Perlu diingat bahwa estimasi penghasilan dibagi “/” dengan Page Impression, Page View, atau Query. Maka dari itu, RPM dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe: Ad RPM, Page RPM, dan Query RPM :

  • Ad RPM = (Estimasi penghasilan dibagi “/” Ad Impressions) dikalikan “x” dengan 1000;
  • Page RPM = (Estimasi penghasilan dibagi “/” Jumlah Page View) dikalikan “x” dengan 1000;
  • Query RPM (Estimasi penghasilan dibagi “/” jumlah Query) dan dikalikan “x” dengan 1000.

Itulah beberapa istilah iklan yang perlu diketahui bagi seorang publisher.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ini kepada teman-teman atau saudara kalian. Jika kalian memiliki pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung di EL Creative Academy.

Yasya El Hakim

*Sumber : elcreativeacademy.com

Apakah ada komentar